Senin, 20 Agustus 2012

BUAH KESEMEK


BUAH KESEMEK
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
D. kaki
Diospyros kaki
L.f.



SEJARAH KESEMEK 
      Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa inggris dinamai oriental (chinese/japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah diospyros kaki. (‘kaki’, bahasa jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).
DESKRIPSI TANAMAN 
 (Pohon banyak cabang, serta meng, 15 m atau kesemek berukuran kecil sampai sedang kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan gugurkan daun. Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.
Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan    daun kelopak yang tidak rontok.kesemek sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah. Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang.
     Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin a dan kalium.
    Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi

MANFAAT 
      Manfaat  untuk menyehatkan paru-paru, menguatkan limpa, dan tentu saja, menghilangkan rasa haus. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dapat diolah sebagai campuran kudapan. Namun yang terpentingh kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar